7 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Ketika anda memiliki kartu kredit maka apapun barang yang anda inginkan bisa menjadi milik anda dengan mudah. Tentunya keuntungan ini, menyesuaikan dengan jenis kartu kredit yang digunakan.

Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak
Gambar-Pixabay


Dibalik serangkaian kentungan menggunakan kartu kredit tersebut, ada beberapa hal yang harus di waspadai, jika anda menggunakannya secara tidak bijak.

Salah satunya anda akan terlena dengan selalu mengikuti hawa nafsu anda untuk selalu menggunakannya berbelanja.

Mengingat penggunaan kartu kredit setiap bulannya dikenakan suku bunga yang cukup tinggi, angka tersebut mencapai 2,75%-3,00%

Padahal penggunaan kartu kredit sama dengan hutang. Dan hutang ini harus dibayar pada setiap bulannya.

Apabila tidak bisa membayar tagihan tersebut, maka ada sanksi dan denda yang siap-siap menghantui anda.

Apabila saat ini anda membaca artikel ini, maka tips-tips dibawah ini bisa menjadikan referensi anda saat memiliki kartu kredit.

Berikut ini 7 cara yang bisa anda lakukan ketika anda menggunakan kartu kredit untuk pertama kalinya atau yang sudah lama memiliki, tetapi ingin menggunakannya lebih bijak.

7 Tips Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

1. Rencanakan Kebutuhan Belanja

Sebelum menggunakan kartu kredit, pastikan anda sudah merencanakan terlebih dahulu dari rumah atau tempat lain.

Intinya jangan merencanakan ketika anda sudah berada di tempat perbelanjaan. Karena, nantinya anda akan mengalami kesulitan dalam mengatur pembelian mana yang dibutuhkan sekarang dan sebaliknya.

Sebagai contoh : Anda dari rumah ingin membeli sepeda merk ''Baik'' dengan rincian harga Rp.3000.000,. di Toko Andalan dan tidak ada rencana untuk membeli produk lain.

Untuk menekan pengeluaran yang tidak diinginkan sebaiknya anda fokus membeli produk yang sudah direncanakan.

Hal ini memang gampang-gampang susah untuk menerapkannya, mengingat ada SPG/SPB yang menawari produk kepada anda di setiap sudut toko.

Apabila anda sudah memiliki tekad yang kuat, maka cara ini dapat memberikan demage kepada anda untuk mengelola kartu kredit secara bijak.

2. Hindari Aktivitas Tarik Tunai

Salah satu keuntungan menggunakan kartu kredit ialah anda bisa melakukan tarik tunaik di berbagai mesin atm bank manapun.

Ketika anda menarik uang dari mesin atm, maka secara otomatis anda akan dikenakan suku bunga perbulannya mencapai 4%-5% tergantung jenis kartu kredit yang digunakan.

Tentunya hal ini tidak mungkin anda inginkan, mengingat anda ingin mengefisiensi penggunaan kartu kredit.

Jadi sebaiknya, jangan lakukan penarikan uang tunai melalui kartu kredit, sebaiknya tarik tunai dengan menggunakan kartu Atm saja.

3. Audit Tagihan Kartu Kredit secara Berkala

Setelah anda memiliki kartu kredit, maka setiap bulan akan ada taihan pembayaran kartu kredit.

Lakukan pengecekan secara rinci tagihan tersebut, apakah ada jenis tagihan yang menurut anda janggal.

Jika ditemukan adanya tagihan fiktif, Sebaiknya segera melapor kepada penerbit katu kredit anda untuk segera di proses lebih lanjut.

4. Lakukan Pembayaran Tagihan secara Lunas

Saat memasuki jatuh tempo pembayaran tagihan, maka anda akan dihadapkan dengan rincian produk apa saja yang telah anda beli selama satu bulan menggunakan kartu kredit.

Dan pada akhirnya anda akan menemukan jumlah tagihan tertentu. Untuk menghindari sanksi dan melanggar ketentuan.

Sebaiknya lakukan pembayaran tagihan tersebut secara lunas. Hal ini juga berfungsi mengukur kemampuan anda dalam menggunakan kartu kredit.

Supaya di bulan yang akan datang, anda tetap bisa menikmati fasilitas kartu kredit tanpa mengabaikan kebtuhan lainnya.

5. Sembunyikan Kartu Kredit

Ketika anda mudah tergiur dengan berbagai iklan di marketplace dengan diskon yang melimpah. Maka salah satu tips menggunakan kartu kredit dengan bijak ini tepat anda terapkan.

Sembunyikan kartu kredit ? Bagaimana maksudnya ? Maksudnya adalah anda sebaiknya menyimpan kartu kredit jika tidak digunakan.

Menyimpan kartu kredit paling efektif di rumah, tetapi apabila ada perencanaan yang memungkinkan anda menggunakannya, maka taruh di dalam dompet yang paling dalam.

Hal ini untuk menghindari spontanitas dalam penggunannya, sebagai gantinya, anda bisa menggunakan kartu atm untuk melakukan transaksi.

6. Batasi Kepemilikan kartu kredit

Mungkin saat ini anda sedang di atas awan, yaitu memiliki penghasilan dari bekerja atau sebagai pengusaha yang nominalnya bisa dibilang fantastis.

Dan anda merasa bahwa menggunakan satu atau dua kartu kredit sangatlah kurang, mengingatkan akan kebutuhan anda yang semakin naik.

Mindset seperti ini harus segera di ubah. karena kalau beroreantasi kepada faktor kebutuhan secara konsumtif maka tidak akan ada habisnya.

Yang perlu di ubah mulai saat ini adalah anda menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang bermanfaat saja dan pastikan tagihan anda tidak melebihi penghasilan anda.

Untuk presentase  aman dalam tagihan kartu kredit adalah 25% dari total penghasilan anda.

7.Jadikan Kartu Kredit untuk Menahan Gengsi

Yang ketujuh atau yang terakhir adalah manfaatkan kartu kredit untuk mengelola gengsi anda. Maksutnya adalah saat anda memegang kartu kredit.

Maka anda saat itu juga anda akan diberikan fasilitas gratis yang bisa anda gunakan. Contoh dari fasilitas tersebut ialah mendapatkan voucher makan gratis di tempat tertentu.

Selain contoh di atas, masih ada beberapa fasilitas yang bisa digunakan secara gratis, tergantung pada kebijakan penerbit kartu kredit.


Jangan malu dan gengsi ketika anda menggunakan fasilitas ini, malulah jika anda tidak bisa membayar tagihan setiap bulannya.

Penutup

Nah itulah bagaimana cara menggunakan kartu kredit dengan bijak, Cara ini dapat anda gunakan untuk menjadi referensi ketika anda akan memiliki kartu kredit atau sudah memiliki kartu kredit.

Untuk gunakanlah kartu kredit secara bijaksana dan jangan lupa untuk selalu berfikir ulang ketika ingin menggunakannya.

Subscribe to receive free email updates: