6 Jenis Biaya Kartu Kredit yang Harus di Ketahui

Memiliki kartu kredit merupakan sebuah hal yang sangat menguntungkan. Mengingat syarat memiliki kartu kredit tidaklah mudah.

6 Jenis Biaya Kartu Kredit
Gambar-Pixabay


Salah satu keuntungan memiliki kartu kredit adalah dapat melakukan transaksi tanpa menggunakan uang kertas.

Dari berbagai keuntungan menggunakan kartu kredit tersebut, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

Salah satunya adalah menghitung biaya-biaya yang harus dibayarkan ketika menggunakan kartu kredit.

Kartu kredit bisa dibilang sebagai fasilitas untuk kemudahan bertransaksi tanpa menggunakan uang kertas.

Namun untuk pemilik kartu kredit juga diwajibkan untuk memberikan biaya tambahan ke penerbit kartu kredit sebagai imbalan jasa pelayanan tersebut.

Berbicara tentang biaya tambahan saat menggunakan kartu kredit, ada beberapa jenis biaya yang harus dibayarkan kepada penerbit kartu kredit(bank), supaya kartu kredit dapat terus digunakan.

Biaya-biaya tersebut sudah admin rangkum dalam 6 Jenis biaya kartu kredit yang harus diketahui oleh pemilik kartu kredit.

6 Jenis Biaya Kartu Kredit yang Harus di Ketahui

1. Biaya Materai

Saat anda menggunakan kartu kredit untuk berbelanja produk tertentu dengan jumlah di atas Rp250.000-Rp1.000.000 maka anda akan dikenakan biaya materai sebesar Rp3.000

Apabila anda menggunakan kartu kredit untuk berbelanja lebih daru Rp1.000.000, maka biaya materai yang dikenakan sebesar Rp6.000

Besaran biaya materai ini sudah di atur dalam PP No 24 Tahun 2000, tentang perubahan biaya bea materai dan besarnya batas pengenaan harga nominal.

Mungkin bagi pemilik kartu kredit tagihan biaya materai ini sangatlah terjangkau, tetapi alngkah baiknya selalu cermat dalam penggunaan kartu kredit.

2. Biaya Denda

Denda dalam kartu kredit sering disebut dengan biaya keterlambatan, biaya ini akan di bebankan pemilik kartu kredit apabila terlambat dalam membayar tagihan.

Besarnya biaya keterlambatan ini rata-rata di setiap bank adalah 3% dari jumlah tagihan yang mengalami keterlebatan tersebut.

Untuk itu hindari keterlambatan pembayarn kartu kredit, supaya anda tidak terkena biaya denda.

3. Biaya Tahunan

Biaya tahunan kartu kredit merupakan biaya yang dibebankan kepada pemilik kartu kredit setiap satu tahun sekali. Jumlah dari biaya ini tergantung pada jenis kartu kredit yang digunkan

Adapun jenis-jenis kartu kredit saat ini terdiri dari tipe Gold, Silver,Classic dan Platinum. 
Semakin tinggi tingkatan kartu kredit maka bisa semakin rendah dan tinggi biaya tahunannya. Tergantung pada jenis bank yang digunakan.

Namun saat ini sudah banyak bank yang menghilangkan biaya tahunan ini. Apabila anda ingin menggunakan kartu kredit tanpa biaya tahunan, pastikan anda cek pada saat konsultasi pembutan kartu kredit.

4. Biaya Bunga

Tidak hanya saat membayar pinjaman dari bank yang ada bunganya, ternyata menggunakan kartu kredit juga dikenakan biaya bunga.

Karena pada prinsipnya menggunakan kartu kredit sama dengan hutang, dan hutang di perbankan sama dengan bunga.

Untuk besaran biaya bunga kartu kredit di tentukan langsung oleh Bank Indonesia, dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Selalu pastikan anda membayar biaya bunga tepat waktu, sehingga biaya bunga ini tidak akan bertambah dikemudian hari.

5. Biaya Tarik Tunai

Yang tidak kalah penting dengan biaya lainnya, adalah biaya ketika melakukan tarik tunai. Perlu diketahui biaya tarik tunai kartu kredit biaya sebesar 6%.

Biaya yang cukup tinggi untuk menarik tunai, sebaiknya hindari penarikan tunai denganmenggunakan kartu kredit.

Sebagai penggantinya, anda bisa menggunakan kartu ATM sebagai solusi untuk penarikan uang tunai.

6. Biaya Batas Pemakaian

Jenis Biaya ini dikenakan kepada pemilik kartu kredit apabila anda melebihi batas jumlah pemakaian kartu kredit(overlimit).

Untuk biaya batas pemakaian ini setiap bank memiliki kebijakan sendiri. Namun pada umumnya besaran biaya batas pemakaian adalah 5% yang harus anda bayarkan pada akhir bulan.

Untuk itu, selalu cek penggunaan kartu kredit dengan menota semua aktifitas kartu kredit anda. Dengan cara ini, anda akan terbebaskan dari biaya denda batas pemakaian.


Demikianlah pembahasan tentang 6 jenis biaya kartu kredit. Seyogyanya kartu kredit di buat untuk membantu manusia untuk memenuhi kebutuhannya bukan untuk menjerat manusi kedalam fase kemunduran.

Subscribe to receive free email updates: