5 Cara Lapor Pinjaman Online Ilegal ke OJK

5 Cara Lapor Pinjaman Online Ilegal ke OJK - Saat ini terdapat banyak sekali pinjaman online yang tersebar di dunia maya. Pinjaman online tersebut ada yang legal dan ilegal.

5 Cara Lapor Pinjaman Online ilegal ke OJK
Gambar-Pixabay


Ciri-ciri dari pinjaman online ilegal bisa dilihat dari sistem pelayanannya yang buruk tentu anda sendiri sudah bisa mendeskripkannya.

Apabila anda menemukan pinjaman online ilegal seperti ini, sebaiknya segera lapor ke badan pengawas jasa keuangan (OJK).

Apa itu OJK ? OJK adalah lembaga pengawasan kuangan yang bersifat independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan.

OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Dari tugas dan wewenang ini, memang sepantasnya OJK bertanggung secara penuh untuk bisa menyelesaikan berbagai perkara tentang pinjaman Online ilegal. 

5 Cara Lapor Pinjaman Online Ilegal ke OJK

Lalu bagaimana cara melaporkannya ? Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk melaporkan yang di duga pinjaman online tersebut ilegal.

1. Mengakses Halaman Resmi OJK

Langkah pertama yang bisa anda gunakan untuk lapor pinjaman online ilegal adalah dengan mengakses halaman resmi OJK. 

Untuk bisa mengakses halaman ini, anda bisa mengaksesnya dengan klik DISINI. Setelah terbuka halamannya, silahkan anda membuat laporan tentang permasalahan anda.

Halaman resmi ini bisa anda akses selama 24 jam. Jadi anda bisa menggunakan sewaktu-waktu.


2. Hubungi Nomor Telepon OJK

Langkah kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan menghubungi nomor resmi pelayanan konsumen dari OJK.

Nomor yang bisa anda hubungi untuk melaporkan pinjaman ilegal bisa melalui 021-1500665. Nomor layanan konsumen ini bisa anda gunakan selama 24 Jam.

3. Mendatangi Kantor OJK

Yang ketiga adalah apabila anda merasa laporan anda tidak kunjung di respon atau di daerah anda tidak memiliki signal yang baik.

Maka langkah ketiga ini sangat cocok untuk anda lakukan. Pelaporan dapat dilakukan selama jam kerja kantor OJK.

Untuk alamat kantor OJK, memiliki alamat di Gedung Soemitro Djojohadikusumo Jalan Lapangan Banteng Timur 2-4. Jakarta 10710.

4. Mengirim Laporan E-mail ke OJK

Apabila anda ingin menghemat waktu dan uang anda bisa mengirim laporan anda ke OJK dengan menggunakan e-mail.

E-mail yang bisa anda gunakan, bisa melalui alamat waspadainvestasi@ojk.go.id. Sebelum anda mengirim, pastika terlebih dahulu anda mengisi subjek sesuai dengan isi laporan anda.

5. Melapor pada Lembaga Bantuan Hukum (LBH)

Langkah terakhir yang bisa anda gunakan adalah dengan melapor ke lembaga bantuan hukum. 

Lembaga ini berdiri memang bertujuan untuk masyarakat yang belum memahami hukum. Apabila anda seperti itu, sebaiknya menggunakan lembaga ini untuk membantu perlaporan anda.

Apabila anda ingin mengetahui tentang tugas dan wewenang lembaga bantuan hukum, anda bisa mengakses di halaman ini 


Demikianlah informasi tentang Cara melaporkan pinjaman online yang diduga ilegal. Sebaiknya sebelum anda mengalami hal ini, teliti terlebih tempat pinjaman online yang akan digunkan.

Sehingga ha-hal yang dapat merugikan anda, bisa anda hindari sejak pertama kali melihat profil dari lembaga pinjaman online tersebut.

Subscribe to receive free email updates: